Penyakit-penyakit aneh akibat Ketergantungan Teknologi

penyakit-akibat-telpon-game-berlebih
Perkembangan  teknologi yang sudah berlari kencang bak sprinter olimpiade, membuat semua orang seakan wajib berlari mengejarnya. Gadget komunikasi semacam smartphone, komputer tablet, maupun PC seakan sudah menjadi keseharian manusia modern sekarang ini. Belum lagi perangkat penunjang seperti earphone, i-pod dan lain-lain serasa belum afdhol kalau tidak di bawa serta. Dunia game tak mau ketinggalan. Setelah ditemukannya perangkat game bernama Playstation, permainan ini seakan menjadi permainan wajib bagi para penggemar game dewasa  maupun anak-anak.

Namun siapa menyangka, segala macam perkembangan itu ternyata tidak cuma memudahkan berbagai aktifitas sehari-hari, namun belakangan juga  bisa menjadi biang dari berbagai gangguan kesehatan. Malahan beberapa gadget canggih telah digunakan untuk menyebut nama sebuah  penyakit.

Beberapa gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pemakaian teknologi adalah sebagai berikut :

1. Repetitive Strain Injuries  (RIS) atau Cedera jempol dan siku

Gangguan ini banyak dialami para pengguna telepon pintar maupun komputer tablet. Disebabkan karena gerakan menggeser-geser tampilan melalui touch screen secara simultan dan sering. Gerakan yang berulang itu menyebabkan gangguan syaraf yang disebut Repetitive Strain Injuries  atau RSI, yang menekan saraf sehingga menyebabkan syaraf di daerah sekitarnya menjadi mati rasa.

Dalam kondisi yang agak parah, gangguan ini bisa kerap kali membentuk kista  atau ganglion di persendian. Jika terjadi seperti ini tidak ada cara lain untuk menyembuhkannya kecuali tindakan operasi.

2. PlayStation Palmar Hidradenitis


Jika anda punya anak penggila game besutan Sonny, PS. Anda perlu memperhatikannya lebih serius karena seorang bocah 12 tahun di Swiss mengalami ruam dan bengkak di telapak tangan akibat terlalu lama bermain PS setiap hari.

Nama penyakit ini memang diambil dari nama sebuah konsol game yang sedang booming.
walau pada akhirnya produsen Playstation, Sonny, menolak tuduhan bahwa produknya memicu gangguan tersebut. Alasannya gangguan itu hanya dialami oleh satu orang saja tanpa ada contoh kasus yang lain. Ceritanya mungkin akan berbeda jika penggunaan PS ini di gunkan secukupnya saja. 

3. Telinga berdenging

Telinga anda pernah berdenging tanpa sebab yang jelas  tiba-tiba berdenging walau tidak sedang mendengar suara keras? Boleh jadi andakena tinnitus atau telinga berdeb=nging. Pengguna ponsel pada umumnya bisa mengalaminya jika terlalu sering menerima telepon apalagi dengan suara yang keras.padahal dengan suara telp yang tidk terlalu keras saja gangguan ini bisa saja terjadi.

menunjukkan bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan selama 4 tahun bisa meningkatkan risiko tinnitus hingga 2 kali lipat. Demikian hasil  Penelitian yang di release di jurnal Occupational and Environmental Medicine

Tidak cuma pengguanaan ponsel yang membuat telepn berdenging karena ternyata hal yang sama bisa di alamai oleh para pengguna earphone.

4. Kematian Mendadak


Kali ini yang menjadi biang nya adalah earphone, perangakat bantu unutk mendengrkan suara langsung ke sumber penerima sura yitu telinga. Dalam banyak kasus, pengguna earphone juga banyak mengalami kecelakaan fatal  saking asyiknya menikmati fasilitas music dari alat bantu ini.
saat berjalan atau berkendara di tempat umum orang yang sedang memasang earphone ditelinganya tidak mendengar suara-suara sama sekali dari sekitarnya, termasuk klakson kendaraan bermotor.

5. Nintendinitis dan Wiiitis



Beda PS beda Nintendo Wii, dua game konsol ini meski sama-sam menybabkan agangguan kesehatan namun  berbeda dalam kasusnya. Jika PS menimbulkan ruma ditelapak tangan, Nintendo  bisa menyebabkan seseorang terkena Nintendinitis dan Wiitis.

Dua istilah gangun kesehatan ini dicetuskan oleh para dokter ahli tulang/ortopedi  untuk menyebut dislokasi atau  pergeseran sendi bahu serta patah tulang saat memainkan konsol Nintendo Wii.



Itulah beberapa ganguan kesehatan yang cukup aneh
akibat penggunaan gadget atau tegnologi yang tidak bijak. Batasilah penggunaan pernagkat-perangkat tegnologi itu. Kalau tidak, mereka yang akan membatasi hidup anda!

Selamat sehat….
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger